KBRI Abu Dhabi Gelar Indonesia-UAE Dynamic Week, Tingkatkan Kerjasama Ekonomi

- 7 Juni 2023, 05:04 WIB
Dubai Chamber Internasional in Indonesia
Dubai Chamber Internasional in Indonesia /KBRI Abu Dhabi

MANDALIKA PIKIRAN RAKYAT - KBRI Abu Dhabi kembali memfasilitasi misi perdagangan, investasi dan ketenagakerjaan dalam kegiatan yang dikemas dalam Indonesia-UAE Dynamic Week 2023. Kegiatan ini akan dilakukan mulai tanggal 5-14 Juni 2023.

Salah satu rangkaian utama kegiatan adalah memfasilitasi pertemuan Kadin Dubai dengan perusahaan-perusahaan utama di Indonesia.

Dubes RI untuk PEA Husin Bagis menyampaikan bahwa dalam sepekan ini KBRI Abu Dhabi akan memfasilitasi berbagai minat baik perdagangan, investasi, ketemagakerjaan dan ekonomi. "Kantor Perwakilan Kadin Dubai diharapkan dapat berkontribusi positif pada peningkatan kerjasama ekonomi kedua negara terutama perdagangan dan investasi," ujarnya dalam keterangan resmi kepada media disela-sela Inagurasi Kantor Perwakilan Kadin Dubai di Jakarta, Selasa (6/6).

Husin mengemukakan bahwa pembukaan kantor perwakilan Kadin Dubai merupakan visi dari Sheikh Hamdan bin Mohammad bin Rashid untuk meningkatkan kerjasama ekonomi dengan Indonesia. "Pertemuan dilakukan oleh Kadin Dubai dengan perusahaan swasta nasional dan BUMN yang berpotensi untuk membuka kantor di Dubai serta menjadi mitra perusahaan Dubai di Indonesia," ungkapnya.

Mantan Atase Perdagangan KBRI Tokyo tersebut menilai bahwa rencana pembukaan kantor perwakilan di Jakarta sangat strategis. "KBRI Abu Dhabi melalui kantor perwakilan Kementerian Investasi di Abu Dhabi (IIPC) membantu memfasilitas administrasi yang diperlukan," papar Husin.

Delegasi Kadin Dubai yang dipimpin oleh Vice President International Relations Hassan Al Hashemi menilai Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk bermitra dengan perusahaan Dubai dalam menggarap pasar di Timur Tengah dan Afrika.

"Potensinya sangat luar biasa, oleh karena itu kami berharap bahwa kantor perwakilan yang nanti dibuka bisa dimanfaatkan oleh perusahaan di kedua negara," jelasnya.

Dari data Kementerian Perdagangan nilai perdagangan kedua negara mencapai USD 4 miliar, sementara dari Data Kementerian Investasi dalam lima tahun terakhir PEA menyumbang investasi USD 231 juta.

Pembukaan kantor perwakilan Dubai Chamber tersebut dihadiri oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Negara Urusan Luar Negeri PEA Ahmed Al Sayegh, Wakil Ketua Kadin Indonesia Bernardino Vega, Bupati Tangerang Ahmed Zaky Iskandar, Dubes RI untuk PEA Husin Bagis, dan Dubes PEA untuk Indonesia Abdulla Salem Obeid AlDhaheri.

Halaman:

Editor: Abdul Karim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x