BLT El Nino Kemensos: Kapan Cair, Cara Cek Penerima, dan Lebih Banyak Informasi Lainnya

- 11 November 2023, 11:40 WIB
Ilustrasi BLT El Nino Kemensos
Ilustrasi BLT El Nino Kemensos /Pexels.com/Ahsanjaya

 

MANDALIKA PIKIRAN RAKYAT - Pertengahan November menjadi momen penting bagi banyak masyarakat yang menantikan informasi terkait Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino dari Kementerian Sosial.

Waktunya cair, mekanisme pencairan, dan siapa saja yang berhak menerima, menjadi pertanyaan yang mencuat. Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai BLT El Nino Kemensos dan langkah-langkah cara cek penerima di cekbansos.kemensos.go.id.

BLT El Nino merupakan bentuk bantuan dari Pemerintah yang diberikan pada akhir tahun 2023 sebagai respons terhadap dampak fenomena El Nino terhadap penghasilan masyarakat. Dana sebesar Rp7,52 triliun telah dialokasikan untuk membantu 18 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dengan setiap penerima mendapatkan Rp 200 per bulan untuk November dan Desember.

Walaupun pencairan kemungkinan dilakukan satu kali, total yang diterima setiap penerima akan mencapai Rp 400 ribu. Saatnya masyarakat mengetahui kapan bantuan ini akan dicairkan.

BLT El Nino Kemensos: Kapan Cair?

Tanggal pasti pencairan BLT El Nino masih belum diketahui, namun diperkirakan bantuan ini akan disalurkan pada November dan Desember 2023. Maksimal, penyaluran dapat dilakukan pada akhir November atau awal Desember 2023.

Adapun, usulan untuk penyaluran melalui Kantor Pos menjadi alternatif yang sangat memungkinkan. Anggota Komisi VIII DPR RI, TB Ace Hasan Syadzily, menyampaikan dukungannya untuk penyaluran melalui PT Pos sebagai opsi yang efisien.

BLT El Nino: Cara Cek Penerima

Halaman:

Editor: Hayyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah