BLT El Nino Cair Desember 2023: Cara Cek Penerima dan Pencairan Rp400 Ribu untuk UMKM Ada di Sini

- 4 Desember 2023, 12:18 WIB
Ilustrasi BLT : BLT El Nino Cair Desember 2023: Cara Cek Penerima dan Pencairan untuk UMKM Ada di Sini
Ilustrasi BLT : BLT El Nino Cair Desember 2023: Cara Cek Penerima dan Pencairan untuk UMKM Ada di Sini /Antara/Fikri Yusuf

MANDALIKA PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Indonesia merilis Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino sebagai bantuan sosial baru yang akan cair pada bulan Desember 2023.

Dalam program ini, total 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) akan mendapatkan bantuan ini, termasuk UMKM yang terdaftar sebagai KPM di DTKS Kemensos.

Besaran BLT El Nino adalah Rp 200 ribu per bulan untuk November dan Desember, dengan pencairan dilakukan sekali pada bulan Desember. Penerima BLT El Nino adalah mereka yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos, dan angka penerima ini setara dengan jumlah penerima bantuan sembako (BPNT).

Untuk memastikan apakah Anda terdaftar sebagai penerima, Anda dapat mengunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id. Pilih lokasi tempat tinggal, tuliskan nama sesuai KTP, isi kode captcha, dan klik tombol 'CARI DATA'.

Jika status "YA" dan periode pencairan "November-Desember", Anda akan mendapatkan undangan pengambilan uang BLT melalui kantor pos yang disalurkan oleh perangkat desa.

Proses pencairan BLT El Nino dilakukan melalui PT Pos Indonesia untuk menyasar semua kalangan.

Sebagai pertimbangan efektivitas, pemerintah akan menyalurkan bantuan sekaligus, sehingga KPM akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 400.000 dalam satu pencairan.

Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah ini agar Anda dapat menerima BLT El Nino dengan lancar, memberikan bantuan penting untuk menjaga keberlangsungan ekonomi keluarga Anda. ***

Editor: Hayyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah