TikTok Kembali Hadirkan TikTok Shop Bersama GoTo untuk Pasar Indonesia

- 12 Desember 2023, 20:23 WIB
Tiktok Resmi Dibuka Hari Ini, Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) Naik 9,3 Persen
Tiktok Resmi Dibuka Hari Ini, Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) Naik 9,3 Persen /@uzoneindonesia di Instagram/Tangkap layar instagram.com/@uzoneindonesia/

MANDALIKA PIKIRAN RAKYAT - TikTok telah menghidupkan kembali TikTok Shop, platform e-commerce terintegrasi dengan media sosial TikTok, setelah sebelumnya ditutup pada Oktober karena masalah regulasi.

Dalam langkah kolaboratif, TikTok Shop bekerja sama dengan GoTo, yang menjadi entitas gabungan Gojek dan Tokopedia.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyatakan bahwa ini akan menjadi percobaan selama tiga hingga empat bulan, dengan evaluasi dan penilaian untuk menentukan keberlanjutan. Platform ini akan mengalami audit kepatuhan oleh Kementerian Perdagangan setelah periode uji coba.

“Jadi, ini percobaan selama tiga-empat bulan, nanti kita nilai, kita lihat seperti apa," kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pada konferensi pers Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS) 12.12 di Jakarta, Selasa.

CEO Tokopedia, Melissa Siska Juminto, menambahkan bahwa langkah ini melibatkan kerja sama dengan tim Kementerian Perdagangan untuk memastikan kepatuhan pada regulasi dan norma yang ditetapkan oleh pemerintah.

TikTok sebelumnya menutup TikTok Shop di Indonesia pada Oktober 2023 setelah sepakat mematuhi peraturan perdagangan elektronik yang mengharuskan platform ini hanya memfasilitasi promosi, bukan transaksi jual-beli.

Kolaborasi antara TikTok dan GoTo diharapkan memberikan manfaat lebih besar, khususnya bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Kesepakatan ini dianggap dapat memperluas jangkauan pasar dan memberikan keuntungan bagi pemangku kepentingan ekonomi lokal.

Tentu saja, langkah ini menunjukkan upaya TikTok dan GoTo untuk memanfaatkan potensi e-commerce di Indonesia dan tetap mematuhi regulasi yang berlaku. ***

Editor: Hayyan

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah