Pengertian Status Quo Beserta Tetek Bengeknya

- 17 Mei 2024, 21:11 WIB
Ilustrasi status quo
Ilustrasi status quo /pixabay/geralt/


MANDALIKA PIKIRAN RAKYAT - Status quo merujuk pada keadaan atau kondisi saat ini yang berlaku atau berlangsung tanpa adanya perubahan atau intervensi.

Istilah ini sering digunakan dalam berbagai konteks, seperti politik, hukum, ekonomi, dan kehidupan sehari-hari.

Dalam konteks politik dan hukum, status quo dapat mengacu pada kondisi politik atau hukum yang ada pada suatu waktu tertentu, yang mungkin berupa undang-undang, peraturan, atau kebijakan yang telah ditetapkan dan masih berlaku.

Upaya untuk mempertahankan status quo dapat muncul sebagai respons terhadap perubahan yang diusulkan atau gerakan untuk merubah keadaan yang ada.

Dalam konteks ekonomi, status quo bisa merujuk pada keadaan atau kondisi pasar yang sedang berlangsung pada suatu waktu tertentu, misalnya tingkat inflasi, tingkat pengangguran, atau keadaan ekonomi global secara umum.

Perubahan dalam status quo ekonomi dapat menjadi indikator penting bagi para pengambil keputusan dalam merencanakan strategi bisnis atau kebijakan ekonomi.

Secara umum, status quo mencerminkan keadaan yang stabil dan tidak berubah secara signifikan dalam suatu waktu tertentu. Namun, status quo juga dapat menjadi subjek perdebatan dan kritik bagi mereka yang menginginkan perubahan atau reformasi terhadap keadaan yang ada.***

Editor: Hayyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah