Perayaan Lebaran Topat 2024 Bakal Dipusatkan di Pantai Tanjung Bias Lombok Barat

- 13 April 2024, 13:36 WIB
Ilustrasi Lebaran Topat di Lombok.
Ilustrasi Lebaran Topat di Lombok. /Antara/

MANDALIKA PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat bersama Bea Cukai Mataram telah menyiapkan dengan megah perayaan Lebaran Topat 2024.

Dipusatkan di Pantai Tanjung Bias Desa Senteluk Batulayar, perayaan ini merupakan tradisi masyarakat Sasak yang digelar seminggu setelah Idul Fitri.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Agus Gunawan, agenda ini melibatkan masyarakat hingga pelaku usaha pariwisata, dengan melibatkan asosiasi pariwisata seperti ASITA, ASPPI, PHRI, dan HPI.

Kolaborasi antar semua elemen masyarakat diharapkan dapat memajukan sektor pariwisata di Lombok Barat.

"Jika sebelumnya diadakan di Pantai Duduk, untuk tahun ini dipusatkan di Pantai Tanjung Bias," katanya dalam keterangan tertulisnya diterima di Mataram, Sabtu.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Lombok Barat, Irman Sumantri, menegaskan bahwa meskipun perayaan ini dipusatkan di Pantai Tanjung Bias, semua ritual inti seperti naik Cidomo, ambil air ke Lingkok Emas, dan ziarah ke Makam Batulayar tetap akan dilaksanakan.

Pawai gunungan topat, pertunjukan musik tradisional pepaosan, dan hiburan rakyat dengan artis lokal seperti Erni Sambel Colet dan Jhon Kursi Roda juga akan menjadi bagian dari perayaan ini.

Tidak hanya sebagai perayaan budaya, namun acara ini juga menjadi wadah sosialisasi tentang pencegahan peredaran rokok ilegal di kawasan Lombok Barat.

Kegiatan Lebaran Topat 2024 diharapkan tidak hanya menjadi momen meriah, tetapi juga sebagai upaya untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan.***

Editor: Hayyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah