Hujan Masih Berpotensi di NTB Hingga Akhir April 2024

- 21 April 2024, 20:53 WIB
Ilustrasi hujan
Ilustrasi hujan /Syahrial /Oke Tebo

MANDALIKA PIKIRAN RAKYAT - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan bahwa hujan masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) hingga akhir April 2024.

Menurut prakirawan BMKG, Cakra Mahasurya, hampir seluruh NTB berpotensi hujan dengan intensitas sekitar 20 milimeter/dasarian, dengan probabilitas mencapai 80 persen.

Meskipun demikian, ada kemungkinan hujan dengan intensitas 50 milimeter/dasarian di beberapa wilayah seperti Lombok Utara, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Bima, dan Dompu, dengan probabilitas sekitar 70 persen.

"Terdapat potensi hujan dengan intensitas 50 milimeter/dasarian dengan probabilitas 70 persen di sebagian Lombok Utara, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Bima, dan Dompu," katanya dalam keterangan tertulisanya di Mataram, San

Situasi ENSO (El Nino Southern Oscillation) sedang, dengan prediksi peralihan menjadi kondisi netral mulai Mei hingga Juli 2024.

Sementara itu, nilai anomali suhu permukaan air laut di Samudera Hindia menunjukkan kondisi netral, yang diprediksi akan tetap stabil setidaknya hingga pertengahan tahun 2024.

Meskipun wilayah NTB memasuki periode transisi dari musim hujan ke musim kemarau, masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi seperti hujan lebat, banjir, dan tanah longsor.

Selain itu, BMKG juga menyarankan agar masyarakat memanfaatkan hujan untuk mengisi penampungan air.***

Editor: Hayyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah