Pemkab Lombok Barat Luncurkan Program Senggigi Sinergi: Mengembalikan Kejayaan Destinasi Wisata Andalan NTB

- 18 Mei 2024, 13:08 WIB
Pemandangan pantai senggigi Lombok Barat
Pemandangan pantai senggigi Lombok Barat /

MANDALIKA PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat berkomitmen memperkuat posisi Senggigi sebagai destinasi wisata andalan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui program Senggigi Sinergi. Upaya ini diwujudkan dengan meningkatkan sinergi antara pemerintah, pelaku wisata, dan masyarakat.

"Sinergi tersebut salah satunya diwujudkan melalui kegiatan Senggigi bersih," kata Pj Sekda Lombok Barat Fauzan Husniady dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Sabtu.

Kegiatan Senggigi bersih diawali dengan Senam Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dan dilanjutkan dengan gotong royong di sepanjang jalan Senggigi. "Ini sebagai komitmen pemerintah daerah mengembalikan kejayaan Senggigi," tambahnya.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, Agus Gunawan, menegaskan bahwa keberhasilan Senggigi tidak hanya bergantung pada intervensi pemerintah, tetapi juga melibatkan semua pemangku kepentingan, termasuk manajer hotel, pengusaha, asosiasi, dan masyarakat setempat.

"Kenapa kita melaksanakan Senggigi bersih ini? Karena ini merupakan salah satu bagian dari Senggigi Sinergi dengan semua pihak itu," jelasnya.

Untuk menyukseskan program ini, Dispar Lombok Barat berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan melalui program Germas dan merencanakan kerja sama dengan Dikbud untuk mengajak anak-anak sekolah menjaga kebersihan pantai sebagai bentuk edukasi.

"Permasalahan paling menonjol dalam pengelolaan kawasan wisata di seluruh daerah adalah keberadaan sampah," ujar Agus. Selain membuat kawasan terkesan kumuh dan tidak nyaman, sampah juga berdampak buruk pada kesehatan wisatawan.

"Melalui aksi bersih ini diharapkan dapat membangun kesadaran menjaga kebersihan, bukan hanya bagi para pengelola kawasan wisata saja, tapi juga bagi masyarakat dan wisatawan itu sendiri," tutupnya.

Program Senggigi Sinergi ini diharapkan dapat mengembalikan kejayaan Senggigi sebagai destinasi wisata unggulan yang nyaman, bersih, dan menarik bagi para wisatawan, serta meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat dan pelaku wisata.***

Editor: Hayyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah