Harga Gas LPG 12 Kg Makin Mahal, Pengusaha Katering Protes

- 18 Juli 2022, 05:09 WIB
Gas LPG 3 Kg.
Gas LPG 3 Kg. /Antara/Mohamad Hamzah/

BERITA MANDALIKA - Harga liquefied petroleum gas (elpiji) nonsubsidi ukuran 12 kilogram di tingkat pengecer sejumlah wilayah Kabupaten Bandung mencapai Rp220.000.

Pengusaha katering dan restoran mengaku sangat keberatan. Berdasarkan pantauan pada Kamis, 14 Juli 2022, sebuah warung di Margahayu menjual gas 12 kilogram Rp220.000.
Kenaikan harga gas itu dilakukan setelah Pertamina mengumumkan kenaikan harga elpiji ukuran 12 kilogram menjadi Rp213.000 pada 10 Juli.
Seorang pengusaha katering rumahan, Satri mengaku sangat keberatan dengan kenaikan harga gas nonsubsidi ukuran 12 kilogram dan 5,5 kilogram.
Soalnya, dia tak menggunakan gas subsidi ukuran 3 kilogram untuk menjalankan usahanya.
"Kenaikan harga gas ini berpengaruh sekali. Apalagi, harga cabai dan bawang juga naik. Sekarang kan harganya lagi pedas-pedasnya, sayur-sayuran juga sekarang naik," kata Satri, warga Sukamenak, Kecamatan Margahayu.
Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bandung, Use Juhaya juga mengaku keberatan.
Menurut dia, para pengusaha restoran sangat terpukul dengan kenaikan harga gas 12 kilogram itu karena berpengaruh terhadap biaya produksi.
Pengaruhnya luar biasa. Gas itu kan sudah beberapa kali naik. Dengan adanya kenaikan ini, kami sangat keberatan karena berpengaruh terhadap biaya produksi. Kami kan harus menggunakan gas di atas 3 kilogram," katanya. (HH).***

 

Editor: Abdul Karim

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah