TERBARU! BLT El Nino Rp400 Ribu Cair Lewat Kantor Pos November 2023, Ini Syaratnya

- 13 November 2023, 12:44 WIB
Ilustrasi Kantor Pos: TERBARU! BLT El Nino Rp400 Ribu Cair Lewat Kantor Pos November 2023, Ini Syaratnya
Ilustrasi Kantor Pos: TERBARU! BLT El Nino Rp400 Ribu Cair Lewat Kantor Pos November 2023, Ini Syaratnya /Pos Indonesia

MANDALIKA PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah bersiap memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino senilai Rp400 ribu melalui kantor pos, dimulai bulan November 2023.

Fenomena El Nino yang menyebabkan kemarau panjang menjadi dasar pemberian bantuan ini, dengan nominal Rp200 ribu per bulan selama November dan Desember.

Sasaran BLT El Nino mencakup 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar di DTKS Kemensos. Meskipun data masih dapat berubah karena pengkajian dan pemutakhiran nama penerima, rencana penyaluran dijadwalkan mulai akhir November 2023.

Proses penyaluran sementara dilakukan melalui kantor pos, dengan syarat dan cara ambil bantuan yang diatur oleh Kemensos dan PT Pos Indonesia. Penerima diwajibkan membawa undangan, KTP, dan KK pada jadwal yang tercantum.

Verifikasi data akan dilakukan oleh petugas pos, dan bila sesuai, BLT El Nino akan cair. Alternatifnya, penerima dapat cek status melalui link cekbansos.kemensos.go.id dengan memasukkan data alamat penerima manfaat sesuai KTP.

Pemberian BLT El Nino diharapkan dapat membantu masyarakat yang terdampak fenomena alam ini, dan proses penyalurannya memanfaatkan kerjasama efektif antara Kemensos dan PT Pos Indonesia. ***

Editor: Hayyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x