Apakah BLT El Nino Rp400 Ribu Bisa Buat Melunasi Utang Pinjol Ilegal? Ini Penjelasan OJK

- 27 November 2023, 23:45 WIB
Ilustrasi : Apakah BLT El Nino Rp400 Ribu Bisa Buat Melunasi Utang Pinjol? Ini Penjelasan OJK
Ilustrasi : Apakah BLT El Nino Rp400 Ribu Bisa Buat Melunasi Utang Pinjol? Ini Penjelasan OJK /Pixabay/Iqbal Nuril Anwar

MANDALIKA PIKIRAN RAKYAT - Sebagai upaya pemerintah dalam menangani dampak fenomena El Nino terhadap masyarakat miskin, Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino menjadi salah satu program bantuan sosial yang diharapkan dapat meringankan beban mereka.

Namun, apakah uang sebesar Rp 400 ribu dari BLT El Nino boleh digunakan untuk melunasi utang pinjaman online (pinjol) yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)?


BLT El Nino: Bansos untuk Kesejahteraan Masyarakat Miskin

BLT El Nino, sebagai bagian dari bantuan sosial tahun 2023, ditujukan untuk 18,8 juta penerima yang juga mendapatkan bantuan lain seperti BPNT, PKH, bansos sembako beras, PBI-JK, dan Yatim-Piatu. Presiden Joko Widodo mengalokasikan bantuan sebesar Rp 400 ribu yang akan dicairkan sekali untuk periode November-Desember 2023.

 

Pencairan dan Cek BLT El Nino

Proses pencairan BLT El Nino dilakukan melalui bank himbara, pengambilan di kantor pos, dan pengiriman gratis oleh PT Pos Indonesia. Untuk mengecek kelayakan sebagai penerima bantuan, masyarakat dapat login ke cekbansos.kemensos.go.id dengan menggunakan smartphone.

Data yang dimasukkan adalah nama lengkap sesuai KTP, nama provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan kelurahan sesuai KTP.

 

Halaman:

Editor: Hayyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x