Banpres UMKM: Peluang Dapat BLT Rp 2,4 Juta tanpa Cek BPUM Desember 2023

- 6 Desember 2023, 14:13 WIB
Ilustrasi: Banpres UMKM: Peluang Dapat BLT Rp 2,4 Juta tanpa Cek BPUM Desember 2023
Ilustrasi: Banpres UMKM: Peluang Dapat BLT Rp 2,4 Juta tanpa Cek BPUM Desember 2023 /pixabay

MANDALIKA PIKIRAN RAKYAT - Untuk para pelaku UMKM, ada kabar baik! Saat ini, Anda bisa mendaftar untuk mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta tanpa perlu melalui cek Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) Desember 2023. Proses pendaftaran dapat dilakukan melalui eform BRI di [sini](https://eform.bri.co.id).

Pelaku usaha saat ini masih sering mencari informasi tentang kapan BLT BPUM 2023 akan dicairkan. Namun, kini masih tersedia bantuan uang untuk UMKM yang terdaftar melalui kanal resmi Pemerintah. Uang BLT sebesar Rp 2,4 juta dapat diperoleh tanpa perlu menunggu cek BPUM Desember 2023.

Pertama kali cair pada tahun 2020 melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), BPUM memberikan bantuan kepada pelaku usaha mikro yang terdampak pandemi. Dengan nominal Rp 2,4 juta, bantuan ini dapat diakses melalui Bank BNI dan BRI untuk UMKM yang memenuhi kriteria.

Bagi UMKM yang memenuhi syarat, terutama yang tidak sedang menerima pinjaman perbankan dan Kredit Usaha Rakyat (KUR), masih ada harapan untuk masuk ke daftar penerima BLT Rp 2,4 juta non BPUM 2023. Kriteria penerima termasuk memiliki NIK KTP dan tidak termasuk golongan ASN, Polri/TNI.

Jika tidak memenuhi syarat BPUM, UMKM juga dapat memanfaatkan Program Keluarga Harapan (PKH) 2023. Melalui PKH, UMKM yang terdaftar dan memenuhi kriteria tertentu bisa mendapatkan BLT Rp 2,4 juta. Proses pendaftarannya dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi Cek Bansos di Play Store.

Begitu juga, Ibu Hamil/Nifas, anak usia dini, pelajar, penyandang disabilitas, dan lanjut usia juga berpotensi mendapatkan bantuan melalui PKH. Uang BLT ini akan dicairkan melalui bank HIMBARA (BNI, BRI, Mandiri, BTN, BSI) dan PT Pos Indonesia.

Inilah peluang bagi UMKM dan kelompok masyarakat tertentu untuk mendapatkan dukungan keuangan di tengah tantangan ekonomi. Segera manfaatkan kesempatan ini dengan mendaftar sesuai dengan kriteria yang berlaku.***

Editor: Hayyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah