Cara Mudah dan Cepat Cek Bansos PBI JK 2024: Langkah demi Langkah

- 5 April 2024, 03:44 WIB
ilustrasi bansos
ilustrasi bansos /

MANDALIKA PIKIRAN RAKYAT - Memastikan Anda menerima bantuan sosial Program Bansos PBI JK 2024 dapat dilakukan dengan mudah melalui beberapa langkah sederhana.

Pertama, kunjungi situs resmi cekbansos.kemensos.go.id. Selanjutnya, masukkan data Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan sesuai dengan informasi yang tertera di KTP Anda.

Tak lupa, tambahkan nama lengkap Penerima Manfaat (PM) juga sesuai dengan KTP. Isi juga kotak dengan 4 huruf kode yang tertera, dan jangan khawatir jika hurufnya tidak jelas, cukup klik ikon "refresh" untuk mendapatkan kode baru.

Setelah itu, klik tombol "CARI DATA" dan tunggu sebentar. Jika Anda terdaftar sebagai penerima Bansos PBI JK, nama Anda akan muncul dengan cepat.

 

Alternatif lainnya adalah melalui WhatsApp. Simpan nomor call center BPJS Kesehatan di 0811-8750-400 di ponsel Anda.

Buka aplikasi WhatsApp, dan mulai chat dengan call center BPJS Kesehatan. Setelah dibalas, klik "Informasi" dan pilih opsi "Cek Status Peserta".

Masukkan nomor NIK sesuai KTP atau nomor BPJS Anda dengan benar, lalu tambahkan tanggal lahir Anda dengan format TahunBulanTanggal (YYYYMMDD).

Tunggu sebentar, dan jika Anda terdaftar sebagai penerima Bansos PBI JK, status Anda akan muncul dengan jelas. Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat dengan cepat memverifikasi kelayakan Anda sebagai penerima bantuan sosial.***

Editor: Hayyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x