15.000 Jemaah Haji Sudah Dipulangkan ke Tanah Air, Berasal dari 38 Kloter Gelombang Pertama

- 24 Juli 2022, 05:42 WIB
Jamaah haji asal Kabupaten Pati sujud syukur saat tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (15/7/2022). Sebanyak 360 jamaah haji tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama asal Kabupaten Pati tiba dengan selamat di Tanah Air. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/pras.
Jamaah haji asal Kabupaten Pati sujud syukur saat tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (15/7/2022). Sebanyak 360 jamaah haji tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama asal Kabupaten Pati tiba dengan selamat di Tanah Air. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/pras. /Aloysius Jarot Nugroho/ANTARA FOTO

BERITA MANDALIKA - Sejak 15 Juli 2022, proses pemulangan jemaah haji Indonesia dari Mekkah ke Tanah Air sudah dilakukan dan akan berlangsung hingga 29 Juli 2022.Dilansir Antara, sekitar 15 ribu jemaah haji dari 38 kelompok terbang (kloter) gelombang pertama sudah dipulangkan ke Tanah Air setelah menyelesaikan rangkaian ibadah haji 2022.

“Sejak 15 Juli, kita sudah memberangkatkan jemaah haji pulang ke Indonesia kurang lebih 38 kloter dengan sekitar 15 ribu jemaah,” tutur Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah Mukhamad Khanif di Mekkah pada Rabu.

Deker Mekkah juga akan memberangkatkan jemaah haji menuju Madinah mulai hari ini, 21 Juli 2022.

Mereka adalah jemaah haji gelombang kedua yang tiba di Kota Jeddah lalu menuju Mekkah untuk melakukan ibadah haji terlebih dulu.

Bus antarkota menjadi sarana transportasi jemaah haji untuk keberangkatannya, dan sudah dipastikan oleh Khanif bahwa bus tersebut dalam kondisi siap untuk digunakan.

Kondisi dari bus yang disediakan dalam kondisi baik dan tahun keluarannya tidak lebih dari dari lima tahun.

Kloter 24 Embarkasi Jakarta–Pondok Gede (JKG 24) dengan jemaah yang berjumlah 393 orang akan diberangkatkan ke Madinah pada pukul 07.00 Waktu Arab Saudi dari Mekkah atau pukul 11.00 WIB.

“Besok dijadwalkan ada lima kloter yang diberangkatkan ke Madinah dengan total kurang lebih 1.932 jemaah,” ujar Khanif menambahkan.

Sebelumnya, ia mengatakan, pada kloter awal pemulangan jemaah haji dilakukan pembongkaran koper karena sejumlah jemaah membawa air zamzam.

Hal tersebut tentu akan menjadi pelajaran bagi jemaah haji berikutnya agar tidak membawa air zamzam ke dalam koper.

Halaman:

Editor: Abdul Karim

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x