Survei Elektabiltas Calon Gubernur di Pilkada NTB 2024: Zul Puncaki Klasemen, Suhaili dan Gita Saling Pepet

- 18 April 2024, 14:11 WIB
Survei elektabilitas Calon Gubernur NTB
Survei elektabilitas Calon Gubernur NTB /Hayyan/pikiranrakyat/


MANDALIKA PIKIRAN RAKYAT - Survei poltracking Indonesia baru-baru ini merilis hasil yang menggambarkan panorama elektabilitas calon Gubernur NTB 2024.

Dalam survei yang dilakukan pada 27-31 Maret 2024 dengan melibatkan 800 responden, hasilnya mengungkap sejumlah fakta menarik tentang dinamika politik di Nusa Tenggara Barat.

Zulkieflimansyah menempati posisi puncak dengan elektabilitas sebesar 29,0 persen, menegaskan posisinya sebagai salah satu kandidat paling menonjol dalam persaingan ini.

Namun, yang menarik adalah jarak elektabilitas yang tipis antara Zulkieflimansyah dan pesaingnya.

Suhaili FT, Lalu Gita Aryadi, dan Sitti Rohmi Djalilah masing-masing mencatat angka yang cukup signifikan, menunjukkan ketatnya persaingan di antara mereka.

Tidak hanya itu, survei juga mencatat kenaikan trend elektabilitas dari Lalu Gita Aryadi, yang masih menjabat sebagai Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat.

Hal ini menunjukkan bahwa kinerja dan eksposur publik yang baik dapat memberikan dorongan signifikan dalam mengukur potensi elektabilitas seseorang.

Namun, keputusan pemilih masih jauh dari diprediksi, dengan banyaknya responden yang belum menentukan pilihannya (8,8 persen).

Ini menegaskan bahwa faktor-faktor dinamis seperti kampanye, debat publik, dan peristiwa-peristiwa politik mendatang masih dapat memengaruhi pergerakan elektabilitas di masa mendatang.

Dengan berbagai variabel yang saling bersaing, Pilkada NTB 2024 menjanjikan pertarungan yang ketat dan menarik bagi calon-calon Gubernur dan pemilihnya.

Halaman:

Editor: Hayyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah