BLT El Nino Diperuntukan Buat 18,8 Juta Nama di Daftar Ini, Cair Kapan? Cek Lewat HP di Link Ini

- 12 November 2023, 22:19 WIB
Ilusrtasi uang: BLT El Nino Diperuntukan Buat 18,8 Juta Nama di Daftar Ini, Cair Kapan? Cek Lewat HP di Link Ini
Ilusrtasi uang: BLT El Nino Diperuntukan Buat 18,8 Juta Nama di Daftar Ini, Cair Kapan? Cek Lewat HP di Link Ini /neng anne mustika/bagikanberita.com


MANDALIKA PIKIRAN RAKYAT - 
Tersiar kabar gembira bagi 18,8 juta penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino, dengan proses penyaluran yang diantisipasi segera berlangsung pada bulan November 2023.

Anggaran sebesar Rp7,250 triliun akan dialokasikan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat, dengan setiap penerima berhak menerima total Rp400 ribu selama dua bulan, yakni November dan Desember 2023.

Penerima BLT El Nino terdiri dari masyarakat kategori miskin dan rentan yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Proses penyaluran dilakukan oleh Kementerian Sosial (Kemensos), dan informasi penerima dapat diakses melalui link cekbansos.kemensos.go.id. Penggunaan perangkat HP memudahkan penerima untuk melakukan pengecekan dengan memasukkan nama sesuai KTP.

Adapun langkah-langkah cek penerima BLT El Nino melalui link tersebut adalah sebagai berikut:
1. Buka aplikasi browser internet di HP.
2. Akses situs resmi cekbansos.kemensos.go.id.
3. Pilih wilayah, termasuk provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa.
4. Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP.
5. Isi 8 huruf kode pada kolom captcha.
6. Klik tombol "Cari Data" pada bagian kanan bawah.

Meskipun proses penyaluran BLT El Nino direncanakan pada November dan Desember 2023, sayangnya, belum ada kepastian tanggal pasti kapan bantuan akan cair. Kemensos saat ini masih dalam proses berkomunikasi dengan Kementerian Keuangan terkait penyaluran dana, yang belum masuk ke Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kemensos.

Namun, diperkirakan BLT El Nino akan cair paling lambat pada akhir bulan November 2023. Para penerima diharapkan tetap mengikuti perkembangan informasi resmi terkait penyaluran bantuan ini. ***

Editor: Hayyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah