KUR Mandiri 2023: Pinjaman dengan Bunga Rendah hingga Rp100 Juta Tanpa Jaminan, Syarat KTP

- 8 November 2023, 11:38 WIB
Ilustrasi - Cara ajukan KUR Mandiri 2023 plafon Rp100 juta tanpa jaminan bunga rendah.
Ilustrasi - Cara ajukan KUR Mandiri 2023 plafon Rp100 juta tanpa jaminan bunga rendah. /Tangkap layar Instagram.com/@dukcapilkemendagri

MANDALIKA PIKIRAN RAKYAT - Bank Mandiri telah membuka peluang bagi para pelaku usaha dengan menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri 2023. Program ini berlangsung hingga Desember 2023 dan memberikan kesempatan untuk mengajukan pinjaman hingga Rp100 juta tanpa perlu memberikan jaminan. Yang lebih menarik lagi, bunga yang dikenakan sangat rendah, hanya 6 persen per tahun.

KUR Mandiri adalah salah satu produk pinjaman yang mendapat subsidi bunga dari pemerintah. Ini berarti debitur dapat menikmati bunga rendah, yang sebelumnya adalah 16 persen, namun sekarang hanya 6 persen berkat subsidi pemerintah sebesar 10 persen.

Pelaku usaha, terutama yang bergerak di sektor mikro, menjadi target dari KUR Mandiri 2023. Program ini memberikan dukungan pendanaan dengan bunga yang sangat bersahabat, sehingga membantu mereka mengembangkan usaha dengan lebih mudah.

Bank Mandiri juga menawarkan jenis KUR yang khusus ditujukan bagi masyarakat yang ingin bekerja di luar negeri atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dengan mengajukan KUR TKI.

Jenis KUR Mandiri 2023 meliputi:
- KUR Super Mikro dengan limit kredit hingga Rp 10 juta.
- KUR Mikro dengan limit kredit mulai dari Rp 10,1 juta hingga Rp 100 juta.
- KUR Kecil dengan limit kredit mulai dari Rp 100,1 juta hingga Rp 500 juta.
- KUR Penempatan Pekerja Migran Indonesia (d.h KUR TKI) dengan limit kredit maksimal Rp 100 juta.
- KUR Khusus dengan limit kredit hingga Rp 500 juta.

Dari berbagai jenis KUR di atas, hanya KUR Kecil dan KUR Khusus yang memerlukan jaminan, sementara jenis lainnya bisa diajukan tanpa jaminan. KUR Mikro Mandiri 2023, misalnya, sangat populer karena memungkinkan peminjam mengajukan pinjaman dengan plafon yang tinggi tanpa perlu memberikan jaminan.

Untuk mengajukan KUR Mandiri 2023, calon debitur harus memenuhi sejumlah syarat, seperti memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan. Calon debitur yang sebelumnya mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan telah mengikuti pelatihan kewirausahaan juga memenuhi syarat, dengan usaha minimal berjalan selama 3 bulan.

Berkas yang diperlukan untuk pengajuan KUR Mandiri meliputi Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha (SKU), Nomor Induk Kependudukan (NIK), NPWP (jika kredit di atas Rp 50 juta), copy Kartu Keluarga, dan copy Surat/Akta Nikah/Cerai (untuk yang sudah menikah/cerai).

Proses pengajuan KUR Mandiri dimulai dengan pemilihan jenis KUR yang akan diajukan, lengkapi persyaratan, datangi kantor cabang Mandiri untuk mengajukan secara langsung (offline). Setelahnya, Anda akan di-survei oleh pihak bank untuk menentukan apakah Anda memenuhi syarat untuk pinjaman atau tidak.

Halaman:

Editor: Hayyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah